Berjemur Sinar Matahari Ternyata Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Ada beberapa cara mencegah kanker payudara pada wanita, salah satunya yang jarang diketahui adalah berjemur sinar matahari pagi. Vitamin D dari paparan sinar matahari ternyata dapat memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan radikal bebas.

Sebelumnya, banyak informasi yang menyebutkan bahaya paparan langsung sinar matahari bagi kulit. Hal ini membuat orang-orang takut berjemur.

Tapi ternyata sebuah penelitian berkata lain, rutin berjemur dapat menurunkan risiko dan mencegah kanker payudara pada wanita.

Penelitian tersebut menyebut, jika selama ini anda takut kulit jadi gosong karena terpapar sinar matahari, maka anda perlu mengetahui bahwa berjemur selama tiga jam setiap hari masih dalam taraf aman.

Berjemur sinar matahari mencegah kanker payudara

Berjemur sinar matahari mencegah kanker payudara

Dan bahkan, para peneliti tersebut juga menambahkan, bahwa berjemur sinar matahari dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker payudara sampai 50%. Luar biasa.

Kesimpulan tersebut diambil dari penelitian yang seksama terhadap 3.101 orang wanita penderita kanker payudara dan 3.471 orang wanita sehat.

Penelitian di lakukan di Kanada dengan cara meminta para wanita tersebut menjemur diri mereka selama beberapa jam setiap hari.

Bagaimana Berjemur Sinar Matahari Mencegah Kanker Payudara

Hasil penelitian menyebutkan bahwa berjemur adalah salah satu cara menurunkan risiko kanker payudara secara alami.

Rutinitas menjemur diri di bawah paparan sinar matahari akan menghasilkan senyawa anti kanker yang kuat dan dapat merangsang tubuh memproduksi vitamin D dalam kulit tubuh.

Dan penelitian lebih lanjut dalam laboratorium menunjukkan bahwa sel-sel payudara memiliki kemampuan mengubah Vitamin D tersebut menjadi sejenis hormon yang bersifat anti kanker.

Hasil penelitian dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology dengan kesimpulan bahwa wanita yang terpapar sinar matahari selama 21 jam selama seminggu pada masa remaja memiliki penurunan risiko terkena kanker payudara sampai 29% dibandingkan dengan mereka yang hanya berjemur selama satu jam saja.

Berjemur 3 jam dapat menurunkan risiko kanker payudara

Berjemur menurunkan risiko kanker payudara

Studi tersebut juga menunjukkan manfaat berjemur pada pria yang sama baiknya. Semakin sering seorang pria menjemur diri mereka maka semakin rendah risiko penyakit jantung dan stroke yang mungkin diderita di kemudian hari.

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang ditakuti wanita. Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa satu dari delapan wanita saat ini mengidap kanker payudara.

Kanker ini seperti jenis kanker lainnya umumnya tidak terdeteksi sampai ketika kanker telah menjalar ke organ tubuh yang lain dan menjadi sulit disembuhkan. Beberapa kanker payudara mengharuskan operasi dan pengangkatan payudara untuk menyelamatkan hidup penderita.

One Response

  1. jimmy63 January 4, 2012

Leave a Reply