13 Jenis Makanan Penyebab Kanker Payudara pada Wanita

Pada awal abad 21 para peneliti menemukan adanya hubungan timbal balik antara jenis makanan dengan kanker payudara. Para ahli menyebut, tanpa disadari makanan penyebab kanker payudara sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Jenis makanan tidak sehat tersebut terdiri atas berbagai jenis makanan olahan, daging, lemak, alkohol dan junk food, dimana makanan tersebut dapat menyebabkan kanker payudara atau paling tidak meningkatkan risikonya.

Di artikel wanieta.com kali ini kita akan membahas secara detail makanan apa saja penyebab kanker payudara dan betapa pentingnya buat anda untuk menghindarinya.

Kanker payudara adalah suatu kondisi dimana terdapat jaringan baru di dalam payudara yang merusak jaringan sehat lainnya.  Kanker dapat terjadi karena disebabkan oleh banyak hal,  mulai dari keturunan hingga makanan.

Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab kanker payudara pada wanita:

  1. Daging olahan

Daging olahan adalah salah satu jenis makanan penyebab kanker payudara dan dapat memicu pertumbuhan sel-sel tidak normal di dalam tubuh.

Daging olahan disini bisa berupa nugget, kornet, dan daging olahan lainnya dalam bentuk siap saji. Daging olahan mengandung banyak sodium nitrat dan bahan kimia lainnya sehingga dapat memicu sel kanker dalam tubuh.

Sebaiknya Anda membuat olahan daging sendiri dibanding membelinya, selain lebih murah, kesehatan Anda sekeluarga juga lebih terjaga.

WHO juga telah menyarankan untuk mengonsumsi daging segar dibanding olahan karena mengkonsumsi daging olahan sama bahayanya dengan merokok.

Jenis makanan penyebab kanker payudara

Jenis makanan penyebab kanker payudara

  1. Soft drink

Siapa yang tak kenal dengan minuman yang satu ini? Minuman yang meninggalkan sensasi kesegaran pada tubuh ini sangat mudah ditemui dimana saja.

Sayangnya soft drink mengandung kalori yang tinggi, gula, zat tambahan buatan, padahal tidak memiliki manfaat nutrisi. Sehingga soft drink dan minuman bersoda disebut sebagai makanan penyebab kanker payudara yang harus dihindari.

Seperti diketahui gula adalah makanan sel kanker. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh akan memudahkan sel kanker berkembang dan bermetastase. Hindarilah mengonsumsi soft drink atau kurangi dalam tahap yang paling minimal.

  1. Daging bakar

Jika Anda pecinta sate, maka sebaiknya perhatikan jumlah daging yang Anda makan karena daging bakar atau panggang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Hal ini diakibatkan proses pemanggangan daging menghasilkan Hidrokarbon Polisiklik Aromatik atau PAH dan Amino Heterosiklik atau HCA.

Kedua zat yang dihasilkan ini merupakan salah satu pemicu kanker. PAH merupakan bagian yang berwarna hitam pada permukaan daging sehingga dapat dihilangkan dengan cara dikerik sedikit.

Sedangkan HCA berada di dalam daging. HCA terbentuk karena suhu pada proses pemanggangan yang terlalu tinggi.

Anda dapat mengurangi resiko kemunculan HCA dengan memasak daging terlebih dahulu sebelum dipanggang sehingga daging cepat matang dan tidak perlu terlalu lama dipanggang.

  1. Buah yang mengandung pestisida

Buah yang telah disemprot pestisida adalah salah satu jenis makanan penyebab kanker payudara dan jenis kanker lainnya yang jarang diketahui.

Pestisida merupakan zat kimia penyebab kanker. Tanaman buah-buahan biasanya diberikan pestisida untuk mengusir hama tanaman maupun untuk mempercepat pertumbuhan tanaman.

Environmental Working Group menemukan bahwa 98% dari produk konvensional, terutama buah-buahan terkontaminasi pestisida penyebab kanker.

Pestisida yang paling berbahaya adalah pestisida berupa hormon untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Jika tertelan masuk ke dalam tubuh manusia,  maka akan ikut mengganggu pertumbuhan sel di dalam tubuh.

Buah yang biasanya diberikan pestisida hormon pertumbuhan ini adalah apel, selada non organik, jeruk, dan stroberi.

Biasakan untuk mencuci bersih buah-buahan dan sayuran di bawah air mengalir untuk meminimalisir kemungkinan sisa pestisida pada buah dan sayur.

  1. Makanan yang dipanaskan dalam wadah plastik

Penggunaan alat kepraktisan lainnya yang dapat menyebabkan kanker adalah penggunaan plastik saat memanaskan makanan dalam microwave.

Ketika plastik dipanaskan dalam microwave, partikel-partikel zat kimia yang terdapat dalam wadah plastik ikut dilepaskan dan mengkontaminasi makanan yang berada di dalamnya.

Untuk itulah, disarankan untuk menggunakan wadah kaca atau keramik karena jauh lebih aman dibandingkan plastik.

  1. Makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan biasanya dilakukan melalui proses pengasinan, pengasapan, atau pengasaman. Proses pendinginan biasanya menggunakan nitrat yang mana jika masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi nitrosamin.

Nitrosamin inilah yang dapat menyebabkan terjadinya kanker payudara. Sedangkan pada proses pengasapan, makanan akan tercemar zat karsinogen yang menjadi pemicu kanker jika diasapi dengan suhu tinggi dan lama.

Hindari pula cemilan yang mengandung bahan pengawet atau penyedap rasa yang juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara, seperti snack yang mengandung monosodium glutamate atau MSG.

Selain meningkatkan risiko kanker payudara, mengonsumsi makanan yang diawetkan juga dapat berdampak pada daya kerja otak dan saraf.

  1. Keripik kentang

Keripik kentang adalah makanan penyebab kanker payudara pada wanita yang jarang diketahui karena rasanya yang enak. Cemilan yang satu ini memang adalah cemilan kesukaan banyak orang.

Tapi tahukah Anda bahwa keripik kentang merupakan salah satu pemicu kanker payudara? Bukan hanya karena bumbu tambahan yang ada di dalamnya, tapi juga karena proses penggorengannya yang menggunakan suhu tinggi.

Makanan yang digoreng dengan suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan pertumbuhan sel di dalam tubuh menjadi berubah lebih cepat dan menimbulkan kanker.

Zat karbohidrat yang terkandung dalam kentang akan diubah menjadi asam amino yang menghasilkan senyawa karsinogenik yang disebut akrilamida.

Keripik kentang yang beredar di pasaran juga banyak mengandung bahan penyedap yang juga dapat menyebabkan penyakit lainnya, seperti diabetes, hipertensi, bahkan kerusakan pada saraf otak yang menyebabkan Alzheimer atau Parkinson.

  1. Makanan dan minuman manis

Sel kanker akan tumbuh lebih cepat jika diberi makan gula. Inilah penyebabnya kenapa kanker lebih banyak menyerang mereka yang menyukai makanan dan minuman manis.

Misalnya saja kadar fruktosa yang tinggi dalam sirup dapat menyebabkan terjadinya kanker. Untuk itulah sebaiknya hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis.

Makanan dan minuman yang manis juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, diabetes, dan penyakit lainnya.

  1. Makanan berlemak

Ingatlah bahwa salah satu orang yang rentan terkena kanker payudara adalah mereka yang bertubuh gemuk alias memiliki banyak lemak. Untuk itulah, sebaiknya Anda menghindari makanan berlemak tinggi untuk menghindari risiko menjadi gemuk.

Makanan berlemak tinggi juga dapat menyebabkan hipertensi, gangguan jantung, diabetes, hingga stroke. Lemak jahat pada makanan dapat menjadi penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga menyebabkan berbagai penyakit.

  1. Makanan diet

Bagi wanita memiliki tubuh langsing adalah impian sehingga beberapa wanita melakukan diet untuk mendapatkannya. Namun ternyata ada bahaya yang mengincar dalam program diet tersebut, yakni makanan dan minuman diet.

Makanan dan minuman diet biasanya mengandung pemanis buatan yang dapat memicu terjadinya kanker. Pemanis buatan seperti aspartam dapat menyebabkan kanker, cacat pada bayi, dan gangguan jantung.

Pilihlah makanan diet yang sehat yang terdiri dari bahan alami seperti buah dan sayur sehingga diet Anda menjadi lancar dan kesehatan pun terjamin aman.

  1. Alkohol

Alkohol adalah salah satu penyebab kanker payudara pada wanita. Para ahli menyarankan para wanita yang memiliki tingkat risiko tinggi (seperti memiliki keturunan yang mengidap kanker) untuk menghindari segala jenis minuman berlakohol.

Jumlah paling moderat yang bisa ditoleransi adalah satu gelas setiap hari. Peneliti menyebut dalam jumlah yang moderat tersebut, jika dilakan kontinu setiap hari dapat menyebabkan tingginya risiko kanker payudara saat tua nanti.

  1. Kafein

Beberapa anggapan dalam masyarakat menyebut minum kopi dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita.

Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, meskipun juga tidak benar 100%. Kafein dalam kopi, tidak akan menyebabkan kanker tetapi memang dapat meningkatkan risiko tumor jinak pada payudara (benjolan fibrokistik).

  1. Kedelai

Bagi mereka yang vegetarian, produk turunan dari kedelai adalah alternatif makanan protein non hewani. Sayangnya, ada peringatan dari American Cancer Society tentang bahaya mengonsumsi produk kedelai dalam waktu yang lama.

Adalah hormon estrogen-phytochemical dalam produk kedelai yang disebut-sebut dapat menyebabkan kanker payudara.

Para peneliti menyarankan agar semua wanita yang telah terdiagnosa memiliki sel kanker payudara dalam tubuhnya untuk menghindari produk kedelai, untuk mengurangi risiko terburuk.

Demikian beberapa jenis makanan penyebab kanker payudara pada wanita yang perlu diketahui. Sebagai gantinya, makanlah hanya makanan sehat dan organik. Lakukan juga olahraga yang rutin untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara.

Leave a Reply