Tips Mengatasi Gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS)

Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah gejala-gejala tidak menyenangkan yang dirasakan wanita menjelang haid. Mengatasi gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah hal yang memungkinkan dan tidak sulit.

Pada dasarnya mengalami siklus menstruasi wanita merupakan hal yang normal pada wanita.

Siklus ini menandakan bahwa sistem reproduksi seorang wanita dapat berfungsi dengan baik. Menstruasi adalah keluarnya darah akibat tidak dibuahinya sel telur yang telah diproduksi.

Ketika menstruasi, seorang wanita biasanya akan mengalami Pre Menstrual Syndrome (PMS). PMS adalah suatu kondisi dan rasa nyeri yang dirasakan ketika menstruasi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

Gejala Pre Menstrual Syndrom biasanya berupa kram yang menyakitkan, kram perut, sakit pinggul, tidak mood, dan kembung atau muntah.

PMS juga umumnya disertai dengan perubahan hormon yang mempengaruhi emosi wanita, itulah sebabnya wanita-wanita mudah marah menjelang menstruasi dan sering tidak stabil.

Di artikel wanieta.com kali ini kita akan membahas bagaimana mengatasi gejala pre menstrual syndrome (PMS) secara alami.

Jenis-Jenis Gangguan Pre Menstrual Syndrom (PMS) dan Cara Mengatasinya

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengatasi terjadinya gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS) dengan melakukan tips berikut ini.

  1. Mengatasi Payudara Nyeri

Banyak wanita yang mengaku merasa nyeri di payudara saat menjelang menstruasi. Terkadang payudara terasa lebih keras dan bengkak dari biasanya.

Jika ini terjadi, perbanyak mengonsumsi makanan yang mendangung zat omega 3 seperti ikan salmon dan kacang-kacangan.

  1. Mengatasi Sebah (Perut Terasa Kembung)

Selain payudara yang terasa nyeri, para wanita yang mengalami pra menstrual syndrome juga mengaku kerap mengalami perut kembung.

Salah satu cara mengatasi gejala PMS perut kembung adalah dengan minum air putih lebih banyak. Hindari segala jenis snack yang mengandung penyedap, msg dan garam. Selain itu perbanyak makan buah untuk mengatasi gejala pre menstrual syndrome.

  1. Kram Perut

Semua wanita yang mengalami PMS pasti merasa jengkel dengan keram perut. Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Untuk mengatasi gejala pre menstrual syndrome terutama kram perut, kompres perut anda dengan air hangat. Dan berusahalah untuk tetap santai. Anda bisa mengonsumsi vitamin E agar tubuh tidak tegang.

Cara Mengatasi Gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS) Secara Alami

Bagaimana mengatasi gejala pre menstrual syndrome pms

Bagaimana mengatasi gejala pre menstrual syndrome pms

Sebenarnya tidak semua wanita mengalami PMS, namun setidaknya 80% wanita pernah mengalaminya. Kondisi PMS memang akan mengganggu aktivitas lain jika sensasi rasa nyeri yang dialami luar biasa.

Namun bukan berarti PMS ini tidak dapat diatasi sama sekali. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi Pre Menstrual Syndrome (PMS) secara alami:

  1. Menghindari makanan tertentu

Beberapa makanan tertentu dapat meningkatkan rasa sakit atau tidak nyaman pada perut sehingga harus dihindari ketika kamu sedang mengalami PMS.

Makanan tersebut antara lain makanan yang mengandung garam yang tinggi karena dapat menimbulkan rasa kembung pada perut bahkan terkadang menyebabkan pembengkakan pada tangan dan kaki.

makanan dan minuman yang mengandung kafein karena dapat meningkatkan iritabilitas, makanan yang mengandung gula yang tinggi karena dapat memperburuk suasana hati serta alkohol karena dapat meningkatkan adrenalin.

  1. Lakukan olahraga ringan

Ketika kamu sedang dalam masa menstruasi, bukan berarti  kamu harus berhenti bergerak dan hanya menahan sakit sambil memeluk guling di kamar. Dengan sedikit olahraga ringan, rasa sakit dan kram pada perut ketika menstruasi dapat dikurangi.

Ketika menstruasi, tubuh akan merasa cepat lelah dan malas, namun sebenarnya tubuh harus tetap digerakkan secara aktif agar darah yang keluar saat menstruasi lancar.

Bahkan National Woman’s Health Information Center di Amerika menyarankan kepada setiap wanita agar melakukan olahraga ringan selama dua setengah jam, satu jam aktivitas aerobik yang bersemangat, atau kombinasi antara keduanya setiap minggunya, serta dua sesi latihan penguatan otot.

Latihan ini akan meringankan rasa sakit dan nyeri ketika menstruasi datang. Namun ingatlah untuk tidak melakukan olahraga berat atau berlebihan ketika mesntruasi karena justru akan membuat badan terasa semakin sakit dan lelah.

  1. Minum vitamin

Mayo Clinic menyarankan untuk mengonsumsi vitamin untuk mengatasi gejala pre menstrual syndrome yang tidak menyenangkan, dengan vitamin gejala PMS akan terasa lebih ringan.

Bagi wanita yang sedang mengalami PMS, Mayo Clinic menyarankan untuk mengonsumsi kalsium sebanyak 1.200 mg, magnesium 400 mg, vitamin B6 sebanyak 500-1.000 mg, dan vitamin E sebanyak 400 IU.

Vitamin ini akan meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh serta membuat tubuh terasa lebih segar.

  1. Memakan makanan kaya vitamin B

Sebuah penelitian yang diikuti oleh lebih dari 2.000 wanita selama 10 tahun, mengemukakan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan tinggi tiamin dan riboflavin, seperti produk susu dan telur, lebih kecil kemungkinannya mengalami PMS.

Namun hal ini hanya akan didapatkan pada wanita yang mengkonsumsi makanan tinggi vitamin B saja, bukan yang mengkonsumsi suplemen vitamin B.

  1. Perbanyak konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks

Makanan karbohidrat kompleks dapat mengatasi gejala pre menstual syndrome secara alami. Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti gandum atau sereal akan membuat suasana hati lebih tenang.

Selain itu, produk gandum juga mengandung tiamin, vitamin B, dan riboflavin yang baik untuk tubuh.

  1. Minum obat pereda rasa nyeri

Jika rasa nyeri dan kram yang ditimbulkan saat menstruasi terlalu parah, kamu bisa meminum obat pereda rasa nyeri dengan dosis rendah untuk mengurangi rasa nyeri.

Beberapa obat pereda rasa nyeri yang bisa kamu gunakan antara lain aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin, Midol Cremp), dan naproxen (Aleve).

Kamu juga bisa meminum obat khusus mentruasi seperti Feminax yang biasanya mengandung pereda rasa nyeri dan kafein. Obat-obatan ini akan mengurangi rasa nyeri payudara, sakit pinggang, hingga kram perut.

  1. Istirahat yang cukup

Dengan mengistirahatkan tubuh atau tidur cukup akan membuat tubuh kamu terasa lebih nyaman. Tidurlah secukupnya agar rasa nyeri dan kram berkurang. Setidaknya tidur selama 6 hingga 8 jam dalam sehari untuk memulihkan tubuh.

  1. Hindari stres

Stres dapat memperparah nyeri dan kram saat menstruasi. Hindari semua faktor penyebab stress sebisa mungkin agar rasa sakit dan nyeri berkurang.

Ingatlah untuk selalu berpikir positif agar pikiran terjaga dan terhindar dari berbagai macam tekanan untuk mengatasi gejala pre menstrual syndrome secara alami.

  1. Meminum anti depresan

Obat anti depresan juga mampu mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Beberapa obat anti depresan yang bisa kamu minum antara lain fluoxetine (Prozac, Sarafem), paroxetine HCI (Paxil CR), sertraline (Zoloft), nefazodone (Serzone), clomipramine (Anafranil). Atau obat antikecemasan lain (Xanax, BuSpar) dan diuretik (HCTZ, Aldactone).

Namun sebaiknya sebelum meminum obat anti depresn ada baiknya jika kamu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena obat anti depresan dapat mempengaruhi saraf pada otak, terutama jika digunakan dalam jangka panjang.

  1. Minum pil KB

Salah satu obat yang juga mampu meredakan rasa nyeri kala PMS adalah pil KB. Pil KB mampu mengurangi rasa sakit saat menstruasi karena mampu menyeimbangkan hormon selama masa menstruasi. Beberapa dari wanita bahkan meminum pil KB setiap hari agar dapat terhindar dari PMS.

  1. Cari aktivitas menyenangkan

Ubah fokus kamu ke hal yang menyenangkan agar rasa sakit dan nyeri berkurang. Kamu bisa melakukan beberapa hobi, seperti memasak, menyanyi, atau hal lain yang kamu senangi.

Berkumpul dan bercanda bersama teman juga dapat menjadi hal yang menyenangkan dan mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

  1. Minum obat diuretik

Sama halnya dengan obat anti depresan, obat diuretik juga harus diminum sesuai dengan petunjuk dari dokter. Beberapa wanita biasanya mengalami pembengkakan pada tangan atau kaki selama menstruasi akibat kelebihan garam dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi obat diuretik, garam dan air yang berlebihan akan dikeluarkan lewat urine. Obat diuretik yang umumnya diberikan oleh dokter adalah spironolactone (aldactone).

Namun ingatlah bahwa kamu tetap harus hati-hati, karena obat diuretik dapat memperparah inkontinensia, konstipasi, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar potassium, dan berinteraksi dengan obat lain. Jadi sekali lagi, konsultasikan dulu pada dokter.

  1. Minum ramuan herbal

Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ramuan herbal atau tanam-tanaman dapat mengatasi rasa nyeri saat PMS. Namun beberapa tanaman diketahui dapat meredakan dan mengatasi rasa nyeri maupun kram.

Tanaman herbal yang biasanya digunakan untuk mengatasi PMS adalah dandelion, jahe, dan krim progesteron alami. Obat herbal ini mampu mengatasi gejala-gejala tidak menyenangkan dari Pre menstrual syndrome (PMS).

Demikian beberapa cara mengatasi rasa nyeri dan kram saat PMS. Pre Menstrual Syndrome bukanlah momok yang harus ditakutkan, namun bijaklah untuk mengatasi rasa sakit yang timbul akibat menstruasi.

Ingatlah untuk selalu menjaga asupan makanan bergizi dan olahraga secara teratur agar PMS tidak lagi menimbulkan rasa sakit. Demikianlah artikel wanieta.com tentang tips bagaimana mengatasi gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS) secara alami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply